Chapter 52: Gaza & Haiti

Inilah salah satu hal yang banyak membuat dunia kagum kepada rakyat Gaza. Di tengah blokade dan gempuran Israel, mereka tidak melupakan tragedi Haiti.

Mereka menyumbangkan apa saja yang mereka punya untuk para korban gempa bumi di Haiti. Penderitaan rakyat Gaza dan Haiti jelas berbeda latar belakangnya, namun rakyat Gaza mengatakan mereka bersimpati dan merasakan hal yang sama.

Seperti diketahui, sampai saat ini Gaza masih di bawah kontrol Israel meliputi udara, laut, dan darat. Ada reruntuhan di Jalur Gaza yang mengingatkan pada adegan di Haiti. Ini bukan disebabkan oleh bencana alam, tetapi dengan bom dalam serangan mematikan Israel di Gaza setahun yang lalu.

Orang-orang yang keluarganya masih menjadi tahanan di Gaza juga berpartisipasi, dengan memberikan donasi seadanya, termasuk selimut, serta makanan dan susu untuk anak-anak.

Ketua Komite untuk Break Blockade, Al-Khudary Jamal mengatakan “Orang mungkin heran pada kemampuan kami mengumpulkan sumbangan dari rakyat kami di Gaza; kami beritahukan bahwa ini adalah kampanye kemanusiaan dan rakyat kami mencintai kehidupan yang tenang dan damai.”

“Kami di sini sekarang mendukung korban Haiti. Kami sendiri merasa terkena gempa bumi, ketika Israel memerangi Gaza.”

Gaza, menderita dan sengsara, tapi tidak pernah melupakan penderitaan orang lain. (sa/wb)

Source: Era Muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s